,,,*Stategi pembelajaran pada skripsiQ*,,,

“Everyone is a teacher here”

Belajar memang bukan merupakan konsekuensi otomatis dari penyampaian informasi kepada anak didik. Belajar membutuhkan keterlibatan mental dan tindakan dari pelajar itu sendiri. Itulah keaktifan, yang merupakan langkah-langkah belajar yang di desain agar siswa senang, mendukung proses itu, dan menarik minat untuk terlibat. Dengan metode belajar aktif, peserta didik akan mampu memecahkan masalahnya sendiri dan yang paling penting melakukan tugasnya sesuai dengan pengetahuan yang mereka miliki.

Strategi diartikan sebagai suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam rangka mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dikaitkan dengan belajar mengajar, strategi diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru, murid dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.

Strategi mengajar adalah tindakan nyata dari guru atau praktik guru  melaksanakan pengajaran melalui cara tertentu, yang dinilai lebih efektif dan lebih efisien. Ada tiga hal pokok yang harus diperhatika guru dalam melaksanakan strategi mengajar. Pertama adalah tahapan mengajar, kedua adalah penggunaan model atau pendekatan mengajar dan ketiga penggunaan prinsip mengajar

Everyone is a teacher here atau ”setiap orang adalah guru” merupakan cara tepat untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan maupun individual. Strategi ini memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk berperan sebagai guru bagi kawan-kawannya. Dengan strategi ini siswa yang selama ini tidak mau terlibat akan ikut serta dalam pembelajaran secara aktif.

Penerapan atau implementasi pembelajaran ini bisa diartikan sebagai tindakan-tindakan yang akan dilakukan  dalam penyampaian meteri sesuai dengan stategi pembelajaran Everyone is a teacher here.

Langkah-langkah penerapan pembelajaran Everyone is a teacher here adalah sebagai berikut.

1)    Siswa mendiskusikan materi.

2)   Siswa menyiapkan kertas untuk menulis satu pertanyaan sesuai dengan materi operasi dasar bilangan bulat.

3)   Siswa mengumpulkan kertas kemudian masing-masing siswa mengambil satu kertas secara acak.

4)   Siswa secara sukarela bergantian menjawab pertanyaan dari kertas yang mereka dapatkan.

5)   Siswa yang lain menanggapi jawaban dari masing-masing siswa.

6)   Lanjutkan dengan sistem sukarelawan berikutnya.

Adapula variasi dalam tindakan pembelajaran yang dilakukan antara lain:

  1. Pagang kartu yang anda kumpulkan, bentuklah sebuah panel responden. Baca setiap kartu dan ajaklah diskusi. Putarlah anggota panel secara berkala.
  2. Mintalah peserta didik menulis sebuah opini atau observasi yang mereka miliki pada kartu tentang materi pelajaran. Mintalah peserta lain setuju atau tidak dengan opini atau observasi tersebut.

Kesimpulan akhir yang didapat bahwa strategi ini slalu memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk bertindak sebagai seorang “ pengajar “ terhadap peserta didik lain. Strategi ini juga bertujuan memperoleh partisipasi kelas yang besar dan tanggung jawab individu.

Leave a comment